Thursday, July 4, 2013

Damage Nails

Hi girls!!
Kesibukanku selama 5 hari menjadi nail artist di event Etude Time 4 ternyata tidak hanya menguras tenaga dan waktu tidurku. Kuku jariku pun menjadi rusak karena selama 5 hari berturut-turut terkena remover. Hal tersebut sangat wajar terjadi jika kondisi kuku kalian memang rapuh. Dan pastinya kuku rapuh sangat butuh perawatan yang ekstra. Hari ini aku ingin share nail care yang aku gunakan, semoga bisa berguna untuk kalian juga :D stay tuned :)



Inilah konsidi kuku ku setelah event. Permukaan kuku yang mengelupas, retak, dan bahkan tipis. Kerusakan paling parah terdapat pada kuku jari tengah. Aku tidak pernah merawatnya selama hampir 2 minggu. Apa yang harus aku lakukan sekarang? :D  Hmm, pastikan kalian sudah mencuci tangan dengan bersih ya!!

1. Shape your nails!
Disaat kuku rusak dan memiliki bentuk yang tidak beraturan, hal utama yang harus dilakukan adalah memperbaiki bentuk kuku. Aku menggunakan nail file untuk membentuk kuku. Selain bentuk menjadi lebih rata, dengan nail file kita juga bisa mendapatkan bentuk yang kita inginkan tanpa kesalahan yang fatal. Aku menggunakan nail file seperti gambar dibawah ini, tidak ada yang spesial hanya nail file biasa.


Cara membentuk kuku dengan benar adalah melakukan gerakan 1 arah secara perlahan supaya kita bisa memantau bentuk yang akan kita hasilkan. Gambar dibawah ini adalah panduan singkat tentang membentuk kuku.


Saat melakukan pembentukan kuku, bagian kutikula yang menjadi pedoman utama adalah pada bagian atas (lingkaran kuning) bukan bagian kutikula bawah ataupun bagian ujung jari. Karena kuku akan terlihat tidak rata jika mengikuti bagian kutikula bawah ataupun bagian ujung jari (tanda silang merah ). Kemudian mulailah membayangkan garis tengah (warna hitam) supaya saat melakukan pembentukan tidak berat sebelah :D

2. Buff your nails!
Jika kalian memiliki permukaan kuku yang tidak rata aku rasa tahap ini sangat perlu, tetapi jika tidak kalian cukup menghaluskan bagian ujung kuku saja menggunakan nail buffer. Dan jika kalian ingin finishing kuku yang mengkilap, tahap ini bisa kalian lakukan setelah membersihkan kutikula. Caranya sangat mudah cukup ikuti saja step-step yang ada di nail buffer kalian :) Produk yang sering aku gunakan adalah The Body Shop Nail Buffer dan Etude House Sweet Seven Way Buffer.


3. Clean your cuticles 
Secara tidak kita sadari, kutikula kuku kita ternyata menyimpan banyak sekali bakteri. Jadi kita harus selalu membersihkannya. Bahan-bahan yang kita butuhkan adalah cuticles remover disini aku menggunakan produk Mavala,  woodstick atau acrylic stick aku menggunakan produk Konad untuk lebih higienis kalian bisa menggunakan kutikula pusher pastikan produk ini kalian gunakan secara pribadi. Jika diperlukan kalian juga bisa menggunakan cuticles nipper tetapi selalu hati - hati ya saat menggunakannya.



Cara membersihkan kutikula sangat mudah, aplikasikan cairan cuticle remover kemudian tunggu selama beberapa saat. Dorong kutikula menggunakan stick atau cuticle pusher lalu bersihkan sisa cairan menggunakan alcohol. Jika masih ada kutikula yang bandel kalian bisa memotongnya dengan cuticle nippers :D

4. Protect your nails!
Gunakan nail strengthener dan base coat yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Produk yang aku gunakan  setelah membersihkan kutikula adalah Mavala Scientifique Nail Hardener. Aku menggunakan pada bagian ujung kuku tanpa mengenai kutikula sekitar kuku. Setelah meresap aku menggunakan perawatan kuku yang mampu melindungi dan memperkuat kuku cara menggunakannya sama dengan saat kita menggunakan base coat. Produk yang aku gunakan Etude House Help My Finger Milk Strong atau OPI Nail Envy Soft & Thin.



5. Moisturize your cuticles
Setelah seluruh produk yang kita gunakan pada kuku kering, ambil cuticles oil produk yang aku gunakan adalah Essie Apricot Cuticle Oil dan aplikasikan pada bagian kutikula kuku secara merata. Jika kalian tidak menggunakan produk penguat dan hanya menggunakan nail buffer saja, gunakan cream cuticles untuk hasil yang sangat lembab. Produk andalanku adalah Lush - Lemony Flutter.


Ini adalah perawatan kuku yang aku lakukan, dan mungkin bisa membantu kalian. Aku adalah salah satu penderita kuku yang rapuh dan aku rasa sangat penting melakukan perawatan pribadi seperti ini. Jika kalian ingin mencoba produk yang sama, kalian bisa mendapatkannya di counter terdekat atau menghubungi sponsorku. Mungkin beberapa produk tersebut juga cocok untuk kalian :D

Thank you for visiting my blog! Jika kalian ada ide, request, saran, kritik atau apapun hubungi aku via twitter, facebook atau email yaa :D ( kiki(dot)coroline@gmail.com )


6 comments:

  1. Kereeennn tipsnyaaa. Thanks banget tipsnya sai ^_^

    ReplyDelete
  2. wah thanks banget mba tipsnya :D btw itu kuku mba putih alami atau pakai apa ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Nurina, iya sama" semoga membantu :D
      kuku alami nurina :D

      Delete
  3. Ce keren tipsnyaa >.< Lushnya cari dimana ce ? >.<

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...