Tuesday, November 20, 2012

OPI Fake or Original ?!

Beberapa bulan yang lalu aku mendapatkan tawaran untuk membeli produk OPI dari salah satu online shop. 

Seller : " Sis, aku jual produk OPI mampir ya ke ol shop aku ada promo nih. Ada OPI Mini seri terbaru Angel Series " 
Me : " ....................... ( kapan OPI ada mini Angel Series ? )"
Me : " Owh, sis jual OPI palsu? "
Seller : " Bukan sis, saya jual OPI Super "
Me : " ......................... ( what the .... ? ) "

Sebagai polish addict pasti kalian sudah bisa mengerti dari percakapan aku dengan seller ini. Tetapi, untuk pemula? Hmmm, sebagian besar mereka adalah sasaran empuk bagi para seller OPI Super, KW, atau yang lebih tepat FAKE = PALSU. Mengapa? Terkadang beberapa diantara calon pembeli dan seller, tidak sadar bahwa produk KW kosmetik itu sangat berbahaya. Dapat kita simpulkan berbahaya dengan alasan mereka mengambil keuntungan dari MERK ternama tanpa ijin, tanpa adanya test, dan tanpa adanya standard yang dimiliki oleh merk ternama tersebut. Mungkin kalian berpikir " Ah, hanya kuteks ". JANGAN SALAH! Kuteks yang mengandung bahan berbahaya bisa merusak sistem syaraf dan mengganggu cara kerja otak manusia. So, masih berani membeli barang Super, KW Grade A, B or C yang tidak lain adalah BARANG PALSU?

Penasaran bagaimana penampakan OPI Fake dan Original versi ku? Stay tuned girls!

FAKE or Original? 

Pertama yaitu penampakan botol. Sepintas sangat mirip kan? Hayoo mana yang menurut kalian produk OPI palsu?
- Kiri FAKE, Kanan Original
That's right :D
Perhatikan bentuk tulisan dan botolnya. OPI Fake memiliki botol yang lebih ringan, ramping dan juga tulisan pada botol yang lebih tipis dibandingkan dengan OPI Original. Segel Prowide Brush tidak menjadi masalah karena biasanya untuk OPI Original dari seri - seri yang lama juga memiliki segel seperti itu. Tetapi biasanya segel tidak ada garis putus - putus untuk membuka segel tersebut, karena segel tersebut hanya menempel ditutup botol dan bisa secara mudah dilepaskan tanpa merobeknya.

FAKE or Original??

Kedua yaitu bagian belakang botol. OPI Original selalu konsisten dengan bentuk tulisan ( font ) yang digunakan pada bagian belakang. Tidak menutup kemungkinan ada beberapa botol OPI yang memiliki 3 simbol dan ada yang memiliki 4 simbol. Pastinya OPI tidak akan mencetak tulisan dengan keadaan yang buruk dan size yang tidak konsisten. Bentuk bagian botol pada OPI Fake bisa kalian lihat, layak kah OPI menjual dengan keadaan demikian? Aku rasa tidak yaa :D

Adakah OPI Summer Splash dengan warna seperti itu? 

OPI Summer Splash???

Ketiga yaitu label di bagian bawah botol. OPI Goldeneye HL D07 bisa kalian temukan di google? warnanya pasti sama ya. Coba kalian search OPI Summer Splash NL B46? yang jelas nama dari kode OPI NL B46 adalah Need Sunglasses berwarna kuning dan bukan glitter emas seperti ini -_______- Okay, apakah perusahaan sebesar OPI akan melakukan hal ini? Tidak akan kecuali pabrik abal - abal yang ingin mendapatkan keuntungan besar dengan menjual barang seperti ini.





Masih pada label di bagian bawah botol, OPI Fake jelas tidak ada keterangan lain jika di label tersebut kita lepas beda dengan OPI Original yang tertera bahan dan kode dari nail polish tersebut.


Keempat yaitu pada tutup botol. Hati - hati, OPI KW Super memiliki lubang seperti yang ada pada OPI Original. Hal bisa membedakannya adalah tekstur dan berat, OPI Fake lebih halus dan tutup botolnya sangat ringan sedangkan OPI Original lebih kasar dan tutup botolnya sedikit berat.

Original

FAKE!!

FAKE!

Kelima yaitu pada bagian brush. Tidak semua OPI KW tidak memiliki emboss "OPI" pada bagian brush. Terbukti dari OPI KW Super yang memiliki emboss yang sangat jelas dibandingkan dengan OPI Original. Hal yang bisa membedakan adalah, emboss dari OPI Original memiliki font sesuai dengan logo resmi OPI sedangkan OPI Fake menggunakan font yang tidak sesuai dengan logo resmi OPI.

Itulah beberapa perbedaan dari OPI Fake dan Original yang secara mudah kita buktikan sebelum membeli di online shop. Ada hal yang lebih mudah kita buktikan jika membeli di toko yaitu aroma dari cairan kuteks. OPI Fake memiliki aroma seperti cat besi, atau cat semprot yang sangat menusuk. Berbeda dengan OPI Original yang lebih soft karena aroma tidak menusuk. Aroma menusuk dari OPI Fake pun tidak bisa kita ketahui mengandung bahan apa karena dibotol pun tidak dicantumkan apa saja yang terkandung dalam kuteks tersebut. Ada beberapa zat berbahaya yang dihindari oleh perusahaan nail polish terkemuka di dunia seperti Dibutyl Phthalate, Toluene, Formaldehyde, Formaldehyde Resin, dan Camphor karena untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan hal - hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan syaraf dan lainnya. Bisa saja kan OPI Fake pun memiliki zat berbahaya tersebut mengingat tidak adanya kejelasan dari produk tersebut. Masih mau membelinya? Itu adalah pilihan anda girls. Aku sangat menghargai beberapa online shop penjual OPI KW yang selalu menyantumkan kalimat demikian " OPI ini palsu jadi harganya jauh lebih murah dari pada produk OPI ori ", dan aku juga sangat marah jika ada online shop yang dengan innocent nya menawarkan barang dengan kata - kata SUPER, KW GRADE A, KW 1, bla bla bla karena hal tersebut sangat menyesatkan para pemula. 

Ada pula beberapa OPI Original dengan keadaan buruk yang disalah-persepsikan oleh beberapa online shop penjual OPI Fake. 



Pertama adalah OPI yang pada bagian tutup botol terdapat sayatan. Maaf untuk saat ini aku tidak memiliki fotonya karena koleksi OPI ku yang memiliki keadaan seperti itu tertinggal di Jakarta. Kedua, OPI yang terdapat goresan pada bagian badan botol dan memiliki 1 label ( tidak double ). Yang menjadi pertanyaan kalian pasti mengapa ada OPI dengan keadaan demikian? Padahal setelah dibuktikan dari aroma pun produk ini original. Jadi, please girls hati - hati jika ada online shop yang mengatakan bahwa produk OPI Fake dia lebih layak jual dari pada produk OPI original yang cacat pada packaging ini karena itu SALAH BESAR!! Aroma dari OPI ini yang bisa membuktikannya jika produk ini Original.

Untuk saat ini akan aku coba jawab sesuai dengan pengalaman dan beberapa cerita dari sponsor ku dan beberapa seller OPI di dunia maya. OPI sebenarnya tidak bisa dijual bebas di Indonesia, karena di Indonesia OPI memiliki distributor resmi. Jadi beberapa online shop di Indonesia yang menjual dengan harga lebih terjangkau dari harga counter  ini mendapatkan produk dengan keadaan seperti dua deskripsi kecacatan diatas untuk menyamarkan dari mana mereka mendapatkan produk tersebut. Itu adalah jawaban sementara dari beberapa online shop seller yang aku dapatkan. Aku tidak bisa puas dengan jawaban tersebut dan untuk kedepanpun aku masih akan bertanya - tanya tentang apa saja faktor yang menyebabkan adanya produk OPI seperti ini. Dan ini adalah beberapa produk OPI yang menurut aku sempurna ( dimulai pada tahun 2001 ).




Kode pada botol ini tidak ada satupun yang dihilangkan dan bahkan sangat cocok dengan label yang ada dibawah botol. Mungkin kode ini yang harus dirahasiakan ataupun dimusnahkan oleh beberapa supplier online shop :)

Aku mendapatkan OPI Fake dari sponsorku Olivianne Shop tetapi mereka tidak menjualnya ya girls!

Sekian post tentang OPI Fake dan OPI Original dari aku, semoga hal ini bermanfaat bagi para pengguna dan seller untuk lebih berhati - hati dalam membeli produk terutama untuk pembelian di online shop khususnya Indonesia. Aku berharap penelusuran tentang produk OPI Original yang cacat pada packaging akan lebih mendapatkan banyak kemungkinan yang bisa menjadi pertimbangan dari pengguna dan seller. Pastinya aku sangat berharap tidak ada penipuan dari para seller yang tetap bersikeras untuk menjual barang palsu, dan aku mohon para pengguna dan buyer menghormati para seller yang jujur tentang produk yang mereka jual. Masih ingin menggunakan produk palsu? Itu pilihan kalian ladies :D

Untuk beberapa contoh OPI dari tahun ke tahun kalian bisa kunjungi http://absolutelyainnir.blogspot.com

Have a nice day :D

Jika kalian ada ide, request, saran, kritik atau apapun hubungi aku via twitter, facebook atau email yaa :D 
( kiki(dot)coroline@gmail.com )

FOLLOW ME @kikicoroline | FACEBOOK Alexandria Kiki Coroline Handoko

7 comments:

  1. memang banyak banget seller2 nakal yang menipu pembeli awam.. teman kantorku juga ada yang beli OPI palsu, sellernya bilang ini asli lho..OPI yang merk terkenal bla..bla.. buat aku yang "agak" paham, aku cuma ketawa aja.. mungkin sebaiknya lebih berhati-hati lagi kalau mau beli OPI..lebih baik beli di trusted seller :)
    Thanks for sharing infonya ^^

    ReplyDelete
  2. Wahhh infonya bagus banget, aku sendiri jarang memakai nail polish sih tapi info ini berguna kalau2 nanti berniat membeli.

    http://hanaiyzm.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. kamu ada rekomendasi seller online yg terpercaya gak sis?
    soalnya jauh banget harga di luar $8 dan di konter 180rb huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada dear, sponsor aku jualnya lebih murah dari counter :) mention aja dari kiki coroline blog :D

      Delete
  4. ikuta giveaway ku ya
    Close sampai dengan 5 Januari 2012
    http://aloha-bebe.blogspot.com/2012/11/princess-pinks-giveaway.html

    Wah, aku juga pernah dapet OPI palsu.T.T

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...